Makalah Pengaplikasian MS.WORD
M
A K A L A H
APLIKASI
MICROSOFT WORD
Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Rutin Mata Kuliah Pendidikan Berbasis IT
Dosen
Pembimbing:
Fauzi
Kurniawan, S.Psi, M.Psi
Disusun
Oleh:
Nama
: Betania Theresa Br Naibaho
Nim : 1173371003
Kelas : PLS Reg A
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nya
saya dapat menyelesaikan tugas rutin makalah pada mata kuliah Pendidikan
Berbasis IT yang membahas tentang “Aplikasi
Microsoft Word”.
Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada
kekurangan isi makalah saya baik dari segi susunan kalimat, penggunaan bahasa
ataupun tata letaknya. Untuk itu saya mengharapkan saran dan kritikan dari
pembaca agar kiranya saya dapat memperbaiki makalah ini menjadi lebih baik dan
sempurna dikemudian hari.
Akhir kata saya berharap makalah yang berjudul “Aplikasi Microsoft
Word” ini, dapat bermanfaat dan
menambah wawasan bagi pembaca.
Medan,
22 Februari 2018
Betania
Theresa Br Naibaho
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................ i
DAFTAR ISI................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................... 1
......... A. LATAR
BELAKANG................................................................................. 1
......... B. RUMUSAN
MASALAH.............................................................................. 1
......... C. TUJUAN........................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN............................................................................................. 2
......... A. MEMBUAT DIAGRAM
DENGAN MS WORD..................................... 2
B. MEMBUAT TABEL DENGAN MS WORD............................................ 4
C. MEMBUAT STRUKTUR ORGANISASI DENGAN MS WORD........ 7
BAB III PENUTUP.................................................................................................... 10
A. KESIMPULAN............................................................................................ 10
B. SARAN.......................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 12
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan
kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan
teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia
menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara
tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft word, aplikasi
ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak
lagi.
Didalam
microsoft word terdapat banyak hal yang dapat dipelajari yang kemudian dapat
kita gunakan untuk membantu menyelesaikan segala pekerjaan kita yang
berhubungan dengan microsoft word. Untuk itu, makalah ini dibuat agar semakin
banyak yang mengetahui bagaimana membuat seperti tabel, diagram ataupun
struktur organisasi secara benar dan tidak membuat secara manual lagi.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana
cara membuat diagram dengan ms word?
2.
Bagaimana
cara membuat tabel dengan ms word?
3.
Bagaimana
cara membuat struktur organisasi dengan ms word?
C. TUJUAN
1.
Mengetahui
cara membuat diagram dengan ms word
2.
Mengetahui
cara membuat tabel dengan ms word
3.
Mengetahui
cara membuat struktur organisasi dengan ms word
BAB
II
PEMBAHASAN
A. MEMBUAT DIAGRAM
DENGAN MS. WORD
Langkah-langkah nya yaitu:
1.
Letakkan kursor di tempat diagram atau grafik akan
ditempatkan.
2.
Klik menu
"Insert"
3.
Klik "Chart"
4.
Muncul dialog box "Insert Chart". Pilih
jenis dan bentuk grafik dan kolom yang diinginkan. Lalu klik "OK"
5.
Pada layar akan muncul tampilan dokumen word dan
lembar kerja excel secara berdampingan. Dokumen word menjadi tempat grafik
sedangkan lembar kerja excel merupakan tempat entri data yang akan dijadikan
grafik.
6.
Masukkan data pada cell di lembar kerja excel. Input
data bisa dilakukan secara manual (mengetik satu persatu) atau copy paste jika
sebelumnya sudah memiliki data yang berbentuk tabel.
7.
Jika data sudah dimasukkan semua (dalam excel), Ms.
Excel dapat ditutup atau diminimize. Jangan lupa perhatikan garis bantu biru
yang terdapat pada excel. garis tersebut merupakan pembatas kolom dan baris
data yang dijadikan grafik. Geser garis tersebut menyesuaikan data.
8.
Untuk memberi judul tabel klik menu Layout >
Chart Title > Above Chart. Kemudian edit "Chart Title" yang muncul
di atas grafik.
9.
Lakukan berbagai edit / penyesuaian mulai dari
menambahkan Axis Title, merubah posisi Legenda, merubah bentuk dan warna
grafik, merubah ukuran grafik, mengatur rentang nilai yang ditampilkan dan lain
sebagainya.
Keterangan :
·
Pada
tahun 2014 jumlah mahasiswa sebanyak 14 orang dan mahasiswi sebanyak 20 orang
·
Pada
tahun 2015 jumlah mahasiswa sebanyak 11 orang dan mahasiswi sebanyak 23 orang
·
Pada
tahun 2016 jumlah mahasiswa sebanyak 12 orang dan mahasiswi sebanyak 21 orang
·
Pada tahun 2017 jumlah mahasiswa sebanyak 16 orang
dan mahasiswi sebanyak 27 orang.
B. MEMBUAT TABEL DENGAN
MS. WORD
Langkah-Langkah nya yaitu:
1. Buka dulu program microsoft word pada
komputer kamu.
2. Kemudian klik Menu Table – insert –
Table (seperti di gambar di bawah ini) :
Number of column adalah untuk
menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan
jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu.
contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris,
setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini
:
Setiap kali membuat tabel, bentuk
tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan
melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu
pada garis kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah
menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom,
kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu. agar lebih
jelas perhatikan gambar di bawah ini :
Merge Cells
menu merge cells (atau menggabungkan cells) bisa digunakan jika kamu ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini
Contoh tabel di atas adalah menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,
caranya adalah :
1. siapkan tabel kerja kamu
2. blok pada kolom atau baris yang
ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer
pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer ke arah kolom
lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini
3. Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells
langkah
di atas adalah untuk menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan
kolom pun juga sama, kamu tinggal menge blog kolomnya dan kemudian pilih menu
merge cells seperti contoh diatas.
Tabel
Jumlah Mahasiswa Jurusan PLS Stambuk 2014-2017
NO
|
TAHUN
|
LAKI-LAKI
(Orang)
|
PEREMPUAN
(Orang)
|
1
|
2014
|
14
|
20
|
2
|
2015
|
11
|
23
|
3
|
2016
|
12
|
21
|
4
|
2017
|
16
|
27
|
JUMLAH
|
53
|
91
|
C. MEMBUAT STRUKTUR
ORGANISASI
Langkah-Langkah nya yaitu:
- Buka
program Ms Word anda.
- Klik
tab Insert kemudian pada group menu Illustrations
pilih SmartArt.
- Pada jendela yang muncul pilih tab Hierarchy kemudian
pada panel sebelah kanan pilih salah satu pilihan yang ada misalnya Organization
chart. Maka pada panel paling kanan akan muncul previewnya kemudian klik OK.
- Maka
pada lembar kerja ms word akan muncul desain struktur organisasi secara
sederhana. Silahkan isi text dengan jabatan yang dikehendaki mulai dari
paling atas (Kepala Instansi)
- Untuk
menambahkan sub baru, klik pada kotak yang akan ditambahkan kotak
dibawahnya kemudian klik tab Design. Setelah itu pilih Layout terlebih
dahulu (pilih pilihan seperti standart, both, left hanging, dan
right hanging) kemudian klik tombol dropdown pada Add Shape lalu
pilih salah satu pilihan yang ada sesuai dengan keinginan anda.
- Add
shape After : untuk menambahkan shape setelah kotak yang anda pilih.
- Add
shape before : untuk menambahkan shape sebelum kotak yang anda pilih.
- Add
shape above : menambahkan shape diatas kotak yang dipilih.
- Add
shape bellow : menambahkan shape dibawah kotak atau shape yang anda
pilih.
- Add
assistant : untuk menambahkan asisten. Lakukan hal tersebut sebanyak yang
anda inginkan.
- Untuk merubah warna shape dan garis tepi, anda
dapat mengaturnya melalui Tab Format.
- Lakukan
pada shape-shape atau kotak yang lain untuk menambahkan shape lagi. Maka
hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kesimpulan dalam makalah ini adalah bagaimana membuat
diagram, tabel dan struktur organisasi dengan ms word.
Yang pertama yaitu
diagram, caranya dengan, Letakkan kursor di tempat diagram atau
grafik akan ditempatkan, Klik menu
"Insert", Klik "Chart", Muncul dialog box "Insert
Chart". Pilih jenis dan bentuk grafik dan kolom yang diinginkan. Lalu klik
"OK", kemudian akan muncul tampilan ms excel dan ms word secara
berdampingan, kemudian masukkan data pada cell di lembar kerja excel. Input
data bisa dilakukan secara manual (mengetik satu persatu) atau copy paste jika
sebelumnya sudah memiliki data yang berbentuk tabel dan lakukan berbagai
pengeditan.
Yang
kedua yaitu tabel, caranya dengan, klik
Menu Table – insert – Table, kemudian tentukan banyak kolom dan baris, jika ingin
menggabungkan kolom dan baris, silahkan diblok dibagian yang ingin digabungkan,
dan lakukan penginputan data dan pengeditan untuk merapikan tabel.
Yang ketiga yaitu struktur
organisasi, caranya dengan, Klik tab Insert kemudian pada group menu Illustrations
pilih SmartArt, Pada jendela yang muncul pilih tab Hierarchy kemudian
pada panel sebelah kanan pilih salah satu pilihan yang ada misalnya Organization
chart, dan klik OK, kemudian isi
text dengan jabatan yang dikehendaki mulai dari paling atas, jika ingin
menambah shape, klik add shape (after,before, below, above atau add assistant),
kemudian jika ingin menghapus shape, klik pada shape tersebut dan klik delete
pada keyboard, kemudian lakukan pengeditan untuk merapikan struktur organisasi.
Dengan adanya berbagai
layanan ms word, mampu membantu pekerjaan kita.
B. SARAN
Dengan
tidak mengetahui kecanggihan teknologi dijaman sekarang, kita akan tertinggal
dan semakin lambat untuk mengerjakan suatu pekerjaan kita yang berhubungan dengan
komputer ataupun aplikasi yang ada didalamnya. Untuk
itu diharapkan kepada para pembaca khususnya mereka yang bekerja bergantung
pada komputer, laptop dan terkhusus dengan aplikasinya seperti ms word,
disarankan dan diharapkan untuk mengetahui dan mampu menyelesaikan pekerjaannya
dengan ms word dengan pekerjaan yang berkenaan dengan diagram, tabel dan
struktur organisasi, agar mempermudah dan membantu menyelesaikan pekerjaan
dengan lebih cepat dan mudah.
DAFTAR
PUSTAKA
How to make money from playing slot machines in casinos - Work
BalasHapusA 바카라 사이트 real money video game is about หารายได้เสริม money. There are a number of gambling games that you can play at a casino. However, there's 바카라 사이트 a few different gambling games
The best casino hotels near New York, NY | Mapyro
BalasHapusFind the best hotels in New York, NY near 부천 출장안마 New York. Find all the travel sites 울산광역 출장안마 that offer the 양주 출장안마 best 원주 출장안마 prices on your trip, with an array of 김제 출장샵